Pasang iklan

Pembebasan Lahan Hambat Pembangunan Rumah Hunian, Jokowi: Akan Segera Dirampungkan!

Gema.id  Sulteng, Palu – Joko Widodo atau Jokowi datang ke Palu mengunjungi lokasi pembangunan hunian korban gempa palu. Jokowi mengaku beberapa faktor menjadi penghambat pembangunan karena terkendala persoalan pembebasan lahan.

“Ya, setelah lebih dari setahun proggresnya agak lambat karena masalah yang berkaitan dengan lahan, pembebasan lahan, terutama relokasi untuk hunian tetap,” kata Jokowi pada keterangan resmi yang diterima Gema, Kamis (31/10/2019).

Proses pembangunan hunian tetap ini akan dikerjakan di Kabupaten Sigi, sama seperti di Duyu, proses lelang dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan kontruksi pembangunan.

“Ini bukan pekerjaan kecil, ada 11 ribu hunian rumah yang harus kita siapkan, relokasi, contoh di sini, baru yang siap dikerjakan untuk 450 (rumah), tetapi yang dalam proses lelang 500 (rumah),” jelas Jokowi.

Meski demikian mantan Wali Kota Solo tersebut yakin pembangunan akan rampung pada pertengahan tahun depan. Pasalnya pembangunan ini amat sangat ditunggu masyarakat demi kehidupan mereka yang lebih baik pasca gempa melanda pada September tahun lalu.

“Oleh karena itu secepatnya akan segera dirampungkan,” tegas Jokowi.

Selain bersama Ibu Presiden Iriana, Jokowi di damping Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola serta Wali Kota Palu Hidayat.  

Ada dua lokasi yang menjadi kunjungan  Jokowi dan kesemuanya itu terkena gempa palu yakni Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga yang saat ini proses pengerjaannya masih dalam tahap pematangan lahan dan selanjutnya ke Kelurahan Tondo yang saat ini telah terbangun sekitar 200 hunian oleh salah satu pendonor Yayasan Buddha Zhu Chi dengan estimasi hunian sekitar 1.500 unit.

Tinggalkan komentar

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)